Saturday, December 30, 2017

Software cek spesifikasi laptop CPU Z portable

Halo gaesss,  saya ingin berbagi cara mudah cek spec komputer dengan cpu z.

Caranya tinggal klik kemudian next2 Aja yaaa. langsung download aja ga pake muter
lewat 4shared yaaa klik disini

Speaker tidak menyala saat pakai HDMI malah keluar di infocus/proyektor

Hallo gaesss,, pernah mengalami hal ini ??

yaaa.... ini sering terjadi saat kita pertama kali menggunakan kabel HDMI untuk menyambungkan laptop ke proyektor. Hal ini terjadi karna kemampuan kabel Hdmi itu sendiri bisa mengalirkan audio dan video.

nah saat kita pasang hdmi secara otomatis audio akan pindah ke hdmi bukan ke spekaer. Cara memindahkannya cukup gampang yaitu ,
Masuk ke Control Panel>Hardware And Sound>Sound, lalu lihat pada tab pertama bagian Playback. disana akan ada daftar output yang bisa kita gunakan.
Klik kanan di pilihan speaker dan set as default agar suara yang keluar bisa lewat speaker.


Dah gitu aja ya,, singkat padat gatau jelas apa kaga. haha


bingung??? silahkan comment dibawah

cara mudah Disabled atau mematikan automatic update di windows 10

Sobat semua pasti kesel kan sama windows 10 karna di control panel ga ada off automatic update kayak windows 7 dan xp ?

Tenang saja semua da caranya,, Cara off automatic update windows 10 mudah gaes yaitu,

- Masuk ke Control Panel ( caranya bisa kan ??)
         * bisa dengan teken Win+ R dan ketik Control panel
         * Atau klik kanan start menu kemudian pilih Control panel

- Kemudian pilih Adminstrative Tools, maka akan muncul halaman baru berisikan berbagai macam tool dengan fungsi-fungsi yang berbeda-beda. Pilih Services.


nahh dari langkah diatas sebenernya intinya  kita mau masuk ke menu Services. Cara cepat masuk menu service bisa dengan KLIK WIN+R ketik services.msc dan enter. maka muncul kayak gini.



klik 2x pada windows update pilih disabled


nahh itu cara yang paling mudahh untuk matiin windows update di windows 10.

Gampang kan.. ada pertanyaan tentang trouble komputer silahkan komentar dibawah ya gaesss...

Laptop tidak bisa diinstall windows 7

hallo gaes, , , saya mau berbagi pengalaman tentang instalasi komputer baru. Laptop jaman now kebanyakan instalasinya maksa pakai windows 8 atau 10.

Nah untuk kita yang terbiasa bahakan udah nyaman dengan windows 7 atau Xp dibuat sebel karna laptop tidak bisa diinstal windows 7 , laptop tidak bisa diinstall windows xp.

Belum lama, ane juga ngrasain hal tersebut. Setelah cari informasi sana sini ternyata masalahnya adalah jenis hardisk. Jadi Hardisk os sekarang itu UEFI dan untuk install di hdd UEFI ini format hardisk harus dalam format GPT (GUID Partition Table).

Jadi intinya kalau sobat2 pengen install hardisk tersebut ke OS windows 7 dan windows xp , makan yang harus dilakukan adalah merubah (convert ) format hardisk GPT menjadi MBR .


Nah cara corvert hardisk GPT to MBR juga banyak gaes, tinggal pilih.,,

  1. Menggunakan Partisi Magic seperti Partition Assistant dan EASEUS Partition
  2. Menggunakan via Diskpart Command pada CMD


Untuk cara yang pertama ,,, sobat harus download dulu softwarenya daaannn format hardisknya harus dalam keadaan masuk windows. dan hardisk dalam keadaan slave  ya, artinya OS tidak aktif.
  1. Download dan instal Partition Assistant.
  2. Jalankan aplikasi Partition Assistant.
  3. Pilih HDD yang akan dikonversi.
  4. Klik kanan disk tersebut kemudian pilih Convert to GPT/MBR Disk.
  5. Klik OK - Apply untuk melakukan perubahan.


Untuk cara kedua,, ini yang saya pakai karna lebih mudah. Bisa dilakukan langsung di laptop tanpa harus melepas hardisk (membuat slave).
caranya yaitu :

Step 1.
Backup all data kalian seblum melakukan konversi GPT to MBR. 

Step 2.

Open command prompt window saat instalasi windows dengan cara tekan Shift + F10.

Step 3.

Ketik Diskpart i jendeala command prompt.











Step 4.

ketik list disk. ini untuk memastikan hardisk mana yang akan sobat format dan convert.









Step 5. 

Sekarang, Ketik select disk nomorhardisk. kebetulan disini yang akan saya format yang DISK 0









Step 6.

Kemudian ketik clean.Ini untuk melakukan format hardisk.

Menjalankan clean command akan menghapus partisi hardisk dan semua yang ada didalamnya.

Step 7.

Kemudian step terakhir :

Di jendela command prompt, Ketik convert mbr. ini akan convert disk yang sobat pilih ke MBR.

dannnnnn selesaiiiii... Sobat sekarang akan bisa install windows 7 dengan mulus tanpa error.


Nah itu saja,, sebenernya amsih ada satu cara lewat linux ubuntu,, cuma ane gamau bahas karna kebanyakan kita pasti pakenya windows kan. hehe.

Itu saja ya sobatttt,,,,, kalo ada bingung atau gagal bisa komentar dibawah.. 






Friday, February 5, 2016

Curiga dengan tingkah pacar??? BEGINI CARA MENYADAP SMARTPHONE DIA



Menyadap Handphone pacar ???? Banyak yang pasangan kalian sembunyikan dair kalian ??? sering menolak ketika hp dipinjam ? Tenang saja ketika ada kesempatan sekali aja,, sobat lakukan trik sadap ini dijamin setiap pesan dan panggilan yang masuk bahkan posisi dia dimana akan bisa dipantau.

Oke inilah cara melakukan penyadapan,

Pertama, Tentukan korban
jelas donk ya kita harus ada korban yang dituju..atau enaknya target saja deh. Kemudian saat ada kesempatan pinjam hp nya dan lakukan tips berikutnya.

1. Buka browser atau masuk ke internet lewat HP korban, masuk ke alamat smartphonelogs.com maka akan muncul gambar seperti ini,


2. setelah muncul gambar diatas kemudian klik download and install kemudian Download and install now. Tunggu sampai selesai download.

3. Setelah selesai download kemudian install aplikasi itu .Nama aplikasi ini akan muncul "Phone setting" ini nama sebenernya buat mengecoh korban agar tidak kerasa kalau ada aplikasi sadap. Kemudian next atau install tunggu sampai proses instalasi selesai dan muncul gambar seperti dibawah ini.



4. Setelah selsai install,coba buka aplikasi itu dan kita akan setting konfigurasinya seperti dibawah ini.


    Keterangan :
    Username dan Password : digunakan untuk login nanti melalui browser.(log in saat pengintaian)
    Email : ini bersifat opsional, boleh diisi boleh juga tidak. Email ini digunakan jika nanti kalian  lupa
    password.

5. Jika sudah klik active notification backup. dan centang notification service.



6. Kemudian back dan klik Save and Hide this app. tujuannya agar aplikasi ini berjalan tanpa diketahui user.
7. Tunggu ,proses pembuatan akun sedang berjalan kemudian akan muncul keterangan selesai.

Nah sekarang bagaimana kita melihat aktifitas handphone korban dari jauh??
 Caranya :
1. masuk ke browser masukkan alamat  smartphonelogs.com
2. klik login di kanan atas.

3. Masukkan akun yang tadi dibuat dihp korban
taraaaaaaa.... oke sekarang sudah masuk dan akan muncul tampilan seperti ini.


Disitu akan tertulis merk hp korban ,panggilan masuk,panggilan keluar chatting dan lokasi dan masih banyak yang lain silahkan dibuka.

Yaaa itu trik sederhana yang bisa saya sharing... Hati2 menggunakannya jangan buat kejahatan.. bisa dipakai untuk memantau handphone anak.

Thanks







Tips Memilih Hardware PC Rakitan

Halo gaes (sapaan versi dodit) hehe, siang ini saya pengen share ke sobat blogger pengalamku saat masih kerja di harco mangga dua glodok jakarta sono. Tau kan pusat komputer di jakarta, kalo gak tau alamatnya ya silahkan googling aja.

Dalam memilih hardware sesuai budget dan keperluan sobat, yang pertama kita tentukan adalah processor, tentukanlah processor yg ingin kita gunakan pada pc rakitan nantinya. Jika sobat ingin PC yg bagus untuk main game dengan budget yg lumayan minimalis, pilihlah processor AMD, jika sobat lebih fokus ke performa kantoran seperti mengolah database dll, atau editing photo dan video, pilihlah processor Intel. Pilihlah frekuensi processor di angka 3GHz keatas untuk performa yg lebih baik.

Yg kedua kita tentukan adalah VGA atau Graphic Adapternya,  jika kamu menggukanan processor AMD, untuk performa grafis yg baik gunakan vga  ATI Radeon, dan gunakan vga nVIDIA untuk jenis processor Intel, untuk merek pilihlah yg sesuai dengan budget kamu, karena harga bisa relatif, saran yang saya  fokuskan adalah jenis chipnya saja.

Ketiga, pilihlah main board yg support processor dan vga yg kamu pilih tadi, pilihlah merek yg harganya sesuai budget. saran saya pilihlah mainbord yg support RAM DDR3, karena harga ram ddr3 lebih murah harganya dan performanya lebih baik dari ddr1 maupun ddr2. Jika sobat rakin jenis PC game pilihlah minbord yg support overclock, supaya kita bisa naikkan performa processornya.

Untuk komponen RAM, gunakan ram minimal 4gb untuk performa yg lebih baik, lebih dari 4gb tentunya akan memberikan performa yg jauh lebih baik lagi. Dengan ram diatas 4gb tentunya sobat harus menggunakan operating system 64bit, karena operating system 32bit hanya support ram hingga 3gb saja.

Gunakan hardisk yg tidak mudah kena bad sector, khusus untuk hardisk saya punya saran merek yg bagus, pilihlah merek "Seagate" , terpercaya awetnya. untuk merek lain saya gak recomended, Jika sobat punya budget tinggi, saya sarankan menggunakan SSD (hardis flash), jenis hardisk SSD bukan haardisk piringan jadi akan jauh lebih awet dan anti yg namanya "bad sector".

Untuk Cassing, pilihlah yg brandded dengan powersuplay dengan watt minimal 450watt, untuk performa PC yg lebih baik tentunya watt lebih tinggi akan lebih baik, sesuaikan dengan budget yg kamu punya karena semakin tinggi wattnya akan semakin mahal harganya.

Begitu aja ya gaes, untuk tips yg lain. kapan kapan saya share lagi... 

Monday, February 1, 2016

KOMPUTER LEMOT ?????? APA YANG HARUS KITA LAKUKAN?

Malam sobat MAS COMP?

judulnya aneh ya? haahaha

Ya kebanyakan dari kita sangat bingung ketika komputer atau laptop kita tiba2 menjadi lemot saat loading aplikasi atau mungkin lama sekali waktu masuk windows.
Saya akan berbagi tips agar performa komputer kembali best atau agar komputer tidak lemot.
Penyebab komputer lemot itu sangat bermacam-macam. beberapa penyebab komputer lemot itu ,
  1. Terlalu banyak aplikasi yang berjalan otomatis (waktu startup)
  2. Banyak file sampah,cookie didalam komputer
  3. Performa atau kinerja ram sudah tidak optimal
  4. hardisk sudah bermasalah
Nah disini saya hanya akan menjelaskan gimana langkah awal kita jika komputer kita lambat jadi apabila dengan langkah awal ini masih lemot itu kemungkinan hardware.

Caranya begini ,
1. Bersihkan file2 temporary caranya klik start--> run--> ketik--> %temp% -->enter
2. kemudian akan terbuka disitu banyak sekali file2 dan folder ketik CTRL+A dan delete
3. Masuk ke start ---> control panel-->programs--> program and featured
    nah disini muncul kumpulan program yang ada dikomputer kita, Hapus program atau aplikasi2
    asing yang biasanya terinstall otomatis saat kita browsing.

Setelah semua langkah itu sudah dijalankan coba restart ulang komputer kalian.
apabila masih lemot atau lama loading masuk windows ,coba satu langkah lagi,

# klik start-->run-->msconfig-->enter maka akan muncul tampilan seperti ini
Lihat yang saya beri bulatan merah,hilangkan startup untuk aplikasi2 yang tidak penting. misalnya kayak yaho mesenger ,mobo .dll yang kira2 bisa kita jalankan manual.. ini demi meningkatkan performa komputer.

Sekian trik sederhana yang bisa saya share semoga sedikit mengurangi kelemotan komputer teman2. :D.
Terima kasih
Salam ngopi