Tuesday, May 28, 2013

KOMPUTER SERING MATI TIBA-TIBA atau RESTART

   Untuk kita yang terbiasa menggunakan komputer setiap hari mungkin pernah mengalami masalah seperti yang saya tulis di judul. Waktu kita sedang serius bekerja atau main game menggunakan komputer tiba-tiba masalah datang,''komputer tiba-tiba mati" ata bisa juga restart sendiri, hal itu mungkin sangat menyebalkan untuk kita yang sedang melakukan pekerjaan yang belum sempat kita simpan.



   Untuk masalah diatas,ada beberapa kemungkinan terjadi pada komputer anda, yaitu:
- Power supply sudah tidak bekerja secara optimal.
- Aliran listrik di rumah anda tidak stabil.
- Atau kaki anda tidak sengaja menendang tombol power.(hahahahaha.... just kidd)

Selain kemungkinan di atas juga ada kemungkinan yang levelnya lebih berat yairu procesor komputer anda kepanasan,hal itu terjadi karena :
  1. - Kipas fan prosesor pada komputer anda bekerja kurang optimal atau bahkan mati.
  2. - Griss atau pasta seperti odol/pasta gigi dibawah pendingin sudah mengering atau bahkan habis.

    Nah, untuk menyelesaikan masalah yang terjadi dia atas anda bisa melakukan investigasi atau penelusuran masalah terlebih dahulu (bahasa nya boo),,.!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  • @ Pertama coba nyalakan kembali komputer anda dan lihat kipas pada power supply,apakah kipas  berputar    normal atau melambat. jika kipas normal maka lanjutkan ke langkah berikutnya ->>>
  • Kemudian yang harus anda lakukan adalah mencabut kabel power pada komputer anda,hal tersebut untuk menghindari adanya aliran listrik pada mainboard.dan lakukan pembongkaran casing komputer agar anda bisa melihat daleman komputer. Setelah dibongkar, coba colokkan kembali kabel power dan nyalakan kembali komputer anda. Lihat kipas fan procesor anda, mati ataukah berputar. Jika mati berarti masalah terjasi pada kipas fan procesor anda.
  • Apabila kipas fan berputar normal coba lakukan pembongkaran pada pendingin dibawah kipar fan. Coba bersihkan terlebih dahulu pendinginnya dan oleskan griss (atau odol juga gapapa) Pada bagian bawah pendingin.
  • Setelah langkah tersebut, sebelum komputer dinyalakan kembali, saya sarankan agar dilakukan pembersihan pada semua bagian dalam komputer anda. Setelah itu baru nyalakan kembali komputer anda.                                                                                                                                                   
Kalau komputer restart sebelum masuk ke windows, kemungkina ada file system yang corrupt dan solusinya adalah install ulang OS nya.
Apabila serangkaian tahap di atas sudah dilakukan, tetapi komputer masih sering mati/restart, Kemungkinan komputer ada terjadi madsalah pada aliran power di mainboard anda. Dan saya sarankan untuk memasukkannya ke bengkel komputer terdekat. hhee

Itulah beberapa tips kecil untuk melakukan pertolongan pertama pada komputer anda.

Anda butuh bantuan????? hubungi saya di https://www.facebook.com/muhammad.rozikin.14

SELAMAT MENCOBA...!!!!!!!!

3 comments:

  1. Nanya donk...kalau pc selalu mati saat saya mencolokkan & menyalakan hardisk eksternal ataupun speaker knp ya? Bahkan kadang didahului dengan bunyi fan processor yang sangat kencang lalu bleppp mati.

    ReplyDelete
  2. maaf gan baru bales,,,
    Ada beberapa kemungkinan yang terjadi gan,
    - Coba scan komputer (kemungkinan virus)
    - Cek power supply (bisa dicoba dengan power supply lain)
    - Windows rusak (coba install ulang)
    - Masalah paling fatal mainboard rusak.

    Selamat mencoba,

    ReplyDelete
  3. gan klo misal'a komputer ane tiba2 restart tapi muncul layar biru dan ada tulisan gtu apa gan kendala'a

    ReplyDelete