Friday, January 29, 2016

HINDARI 5 HAL INI SAAT CHARGE HP



Charge hp adalah rutinitas yang dilakukan para pengguna handphone dan smartphone khususnya karna smartphone dikenal dengan bosorsnya baterai .Hal itu karna banyaknya aplikasi yang berjalan.
Kali ini akan kita share tentang hal2 yang perlu dihindari saat charge hp.

1. Jangan charge hp semalam suntuk.
Kebanyakan orang memainkan hp hingga larut malam dan kemudian men charge hp dan ditinggal tidur . Mikirnya biar besok pagi sudah penuh. Ternyata hal ini beresiko pada baterai hp itu sendiri karna dapat menyebabkan over capaciti (kapasitas yg berlebih) bahkan jika parah bisa menimbulkan ledakan . . .gimana bahay kan ????

2. Jangan charge HP saat posisi baterai NOL %
Nah ini nih yang sering kalian lakukan.. Saking asyiknya maen HP tau2 baterai habis.. Ternyata hal ini bahaya lho... bahaya buat baterai hp nya maksudnya.. Karena setiap baterai itu punya perfoma cycle.. Jadi saat baterai sampai pada posisi 0% itu performa jadi menurun. Selai itu juga untuk pengisian baterai dari 0% ke 20 % membutukan waktu yang lama. Mangkanya kalo bisa charge hp saat sisa baterai gak sampe 20% kebawah.

3. Jangan Charge HP dikasur (apalagi kasur yg isinya kapuk)
Nah ini juga sering nih main hp sambil tiduran dan di charge akhirnya ketiduran.. INI BAHAYA gan.
Baterai yang dicharge akan mengeluarkan efek panas pada body HP nah panas ini kalo dikasur akan bahaya karna bisa buat kasur kebakar kalo terlalu lama.

4. Jangan charge HP sambil nyolok Headset
Ini yang paling bahaya teman2 .. Jangan sampai kita make hp buat dengerin music sambil di charge. Karna saat di charge dalam kondisi aliran listrik masuk ke HP dan kemungkinan bisa mengalir lewat headset .Memang aliran sangat kecil bahkan kayak listrik statis.Tapi bayankan kalo terlalu lama bahkan dari malam sampai pagi ??? Bisa soak tu kuping.. Kebakar juga bisa.. ngeri kan ???

5. Jangan Charge HP pake charger bajakan
Saat ini banyak d=sekali charger dengan harga sangat murah. Yaiyalah orang gak sesuai standart. Tapi banyak orang yg gak memperdulikan hal ini. Charge hp dengan Charger bajakan ternyata akan mempengaruhi umur baterai karena biasanya tertulis di charger 2A bisa ternyata lebih tinggi atau dibawah 2A. Nah baterai kan udah disesuaikan ukurannya masing2 tiap merk HP. Jadi saran ane.. Mulailah pakai Charger ORI gan..

Yaa mungkin cukup ini yang bisa saya share.. Tunggu tips dan trik selanjutnya.

Salam kopi

No comments:

Post a Comment